Tutorial pembuatan website, SEO, Dreamweaver, Photoshop, brush, vector, font untuk desain kamu.

MY NAME

Kamis, 27 Agustus 2009

Sumber keuntungan pembuat wordpress

Sumber keuntungan pembuat wordpress

Seseorang menanyakan kepada matt di acara Wordcamp India tetnang bagaimana Automattic mendapatkan keuntungan jika memberikan semua produknya secara gratis? Dan herannya, ternyata Automattic dengan Wordpressnya masih bisa menghasilkan keuntungan. FYI, Automattic adalah perusahaan dibalik pembuatan aplikasi blogging Wordpress.

Bukan, saya tidak menghadiri acara Wordcamp India , tapi iseng-iseng blogwalking ada blog India yaitu Digital Inspiration yang ngepost sumber-sumber pendapatan Automattic yang identik dengan aplikasi Wordpress.


Blog hosting. Wordpress menawarkan jasa hosting blog. Bisa dicek di bagian Wordpress VIP hosting. Tapi Wordpress VIP hosting ini tidak menerima semua orang yang mendaftar.

Google Adsense. Blog gratisan yang dibuat di Wordpress.com secara acak akan menampilkan iklan Google Adsense. Eh? memang ada iklannya? Kalian gak pernah nemu ya? Ini bukan karena tips browsing nyaman tanpa iklan, tapi Bisa jadi karena Wordpress hanya akan menampilkan iklan Google Adsense jika memenuhi kriteria sebagai berikut:

Pengunjung tidak menggunakan browser Firefox. Dengan kata lain, Iklan Adsense baru muncul kalau kalian pakai browser selain Firefox.
Pengunjung telah Logout dari account wordpressnya. Dengan kata lain jika tidak login di wordpress.com baru iklan akan ditampilkan.
Sumber referrer bukan dari blog wordpress. Dengan kata lain, jka kalian membuka blog mypermana.wordpress.com dari blog xyz.wordpress.com, kalian tidak akan melihat iklan. Tapi kalau membuka mypermana.wordpress.com dari mypermana.blogspot.com, barulah iklan akan ditampilkan.
Automattic Kismet. Yang lebih populer dengan istilah Akismet memang gratis untuk kalangan personal. Tapi jika blog tersebut adalah blog corporate atau kalian membentuk jaringan blog , maka diperlukan commerical license dengan harga $50 per bulan.

Premium account. Membuat blog di Wordpress.com memang gratis, premium account ini ditunjukkan bagi yang ingin membeli storage lebih, atau yang ingin menggunakan nama domain sendiri.

Web host referral. Jika kalian membuka menu hosting, maka akan ada daftar-daftar hosting yang disarankan oleh Wordpress. Automattic dapat keuntungan kalau ada yang daftar via link tersebut.

Wordpress support. Kalau kalian perlu bantuan tentang wordpress (atau Wordpress MU) tapi diskusi di forum-forum tidak juga menyelesaikan masalah, Daftar saja di Support Network-nya Automattic. Tapi sepertinya support network ini untuk kalangan enterprise karena harga yang ditawarkan adalah 2500-5000 USD per tahunnya.

Poll Daddy. Kalian menggunakan Poll daddy untuk membuat polling? Poll daddy ada versi berbayarnya jika ingin ada embeel-embel Poll daddy.

Kira-kira itulah sumber keuntungan si Automattic. Di kalangan open source ada istilah : By giving it free, you will get more. Dengan memberikan sesuatu secara gratis, kamu akan mendapatkan lebih. Mungkin prinsip ini yang dipegang oleh si Automattic sampai akhirnya bisa mendapatkan keuntungan dengan Wordpressnya. Kebayang nggak kalau misalnya pakai wordpress harus beli lisensinya, pasti pengguna wordpress tidak akan sebanyak ini.