Tutorial pembuatan website, SEO, Dreamweaver, Photoshop, brush, vector, font untuk desain kamu.

MY NAME

Rabu, 05 Agustus 2009

Perbedaan Tampilan Web di browser

Banyak dari anda yang menanyakan ‘Kenapa tampilan desain berbeda saat di akses dengan menggunakan Mozilla dan IE ? Bagaimana sih caranya agar desain web yang ditampilkan di mozilla dan internet explorer bisa sama ? dan Apa fungsi validasi html ?

Validasi html bukan barang baru lagi, terlebih umurnya sudah hampir 8 tahun sejak pertama kali dikeluarkan oleh W3C. Standarisasi dokumen html sudah dikeluarkan dan disyahkan sejak Januari 2000. Solusinya kembali kepada standarisasi html tadi. Dokumen html yang valid (mengikuti aturan) menurut W3C akan ditampilkan sama pada berbagai macam browser, baik internet explorer atau firefox mozilla.

Standarisasi yang di terapkan oleh W3C saat ini sering disebutnya dengan xhtml, bukan lagi html. xhtml adalah versi lanjutan dari html. Artinya xhtml adalah dokumen html yang sudah mengikuti aturan standar dari W3C. xhtml kepanjangannya eXtensible html, sehingga xhtml adalah versi bersih dari html.
Jila kita sudah pernah belajar HTML, akan dengan mudah kita mengenal xhtml. Ada beberapa poin penting yang membedakan (atau lebih tepat disebut dengan perbaikan) dari html:

> Tag harus dituliskan dengan huruf kecil
> Setiap nilai atribut harus diberi tanda petik (quote)
> Semua tag harus ditutup (ada awal dan akhirnya)
> Atribut yang biasanya hanya dituliskan tunggal, tetap harus diberi nilai (value )

Perbedaanya hanya sedikit, tapi itu semua berpengaruh terhadap proses validasi yang nantinya akan berpengaruh terhadap tampilan di masing-masing browser. Browser seperti IE atau firefox memiliki model parsing sendiri terhadap kode html, dan model parsing ini bekerja berdasarkan standarisasi yang ditetapkan W3C.

Jika anda mengalami perbedaan tampilan pada browser untuk meminimalkan terjadinya perbedaan tampilan tersebut, ada beberapa tips yang bisa membantu :

Usahakan menggunakan standard xhtml dalam koding html. Untuk melakukan pengcekan validasi html klik disni.
Usahakan menggunakan kode css untuk mendesain tampilan html, karena lebih bisa diterima disemua browser. Untuk melakukan pengecekan validasi css klik disini
Usahakan ketika development web, cobalah menggunakan browser-browser yang paling banyak dipakai oleh pengguna internet, misalnya : IE, Mozilla Firefox, dan Opera.
Jika memakai dreamweaver ada fasilitas convert ke xhtml, cukup membantu meskipun ada kelemahan pada beberapa kasus.