Tutorial pembuatan website, SEO, Dreamweaver, Photoshop, brush, vector, font untuk desain kamu.

MY NAME

Selasa, 01 September 2009

Bagaimana Membuat Blog dengan Dua Bahasa atau Lebih?

Bagaimana cara membuat pengunjung asing menyukai blog Anda jika mereka tidak mengerti bahasa yang Anda gunakan? Solusinya adalah dengan menambahkan fitur penerjemah bahasa ke dalam website atau blog Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah mudah yang dapat Anda gunakan untuk menyediakan fitur penerjemah instant pada website Anda. Sehingga pengunjung blog/website dapat dengan mudah menerjemahkan halaman web Anda ke dalam bahasa mereka, hanya dengan menekan tautan atau gambar bendera negara mereka yang telah Anda sediakan.

Menggunakan mesin penerjemah pada blog atau website adalah cara yang paling mudah untuk membantu pembaca dari negara lain sehingga dapat terjalin komunikasi. Baik blogger menulis dalam bahasa Indonesia dan pembaca menggunakan bahasa Inggris, maupun sebaiknya, keduanya masih dapat memahami satu sama lain.

Zaman sekarang, kebanyakan orang sudah memulai blogging dengan beberapa bahasa, untuk dapat menjalin komunikasi dengan pengunjung diluar blogshpere Indonesia. Beberapa layanan penerjemah gratis memungkinkan blogger untuk menulis artikel baik itu dalam bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Prancis, Spanyol, dan bahasa lainnya secara simultan.

Layanan penerjemah bahasa yang paling terkenal adalah yang ditawarkan oleh Google, AltaVista Babelfish and WorldLingo. Dengan menggunakan layanan ini, pembaca yang berbahasa Inggris, Prancis, Spanyol, Jerman, Itali, Portugal, Belanda, China, Jepang, Korea, atau Rusia akan dapat menerjemahkan suatu halaman web ke dalam bahasa yang mereka pakai.

Di atas 65% pengguna internet menggunkan bahasa selain bahasa Inggris, sehingga dengan menyediakan fitur penerjemah pada blog Anda adalah hal yang bisa dibilang penting. Dengan website multi bahasa, website Anda akan lebih mudah diakses dan popular, jika pengguna dapat menerjemahkan isi dari halaman web ke dalam bahasa mereka sendiri.

Kebanyakan pengguna Blogger ataupun WordPress Self Hosted, menyediakan sebuah kotak penerjemah ke dalam website atau blog mereka. Sehingga untuk menerjemahkan sebuah halaman web, pengunjung hanya tinggal memilih bahasa apa yang ingin mereka baca, dengan menekan tombol translate yang disediakan tadi. [World Lingo, Google Translate, BabelFish Translate]. Ini adalah cara termudah untuk membuat website multi bahasa, walaupun penerjemahan konten dari halaman web tersebut masih diterjemahkan secara “kasar”.

Khusus bagi pengguna WordPress Self Hosted, ada beberapa plugin yang telah dikembangkan, dan bisa Anda gunakan untuk membuat blog dengan dua bahasa atau lebih, lihat:

Polyglot oleh Martin Chlupac
Language Switcher oleh Jennifer Hodgdon
Gengo oleh Jamie Talbot
xLanguage oleh Sam Wong, atau
xili-language oleh MS xiligroup
Sedangkan yang saya gunakan untuk blog ini, adalah plugin dengan nama qTranslate, karena setelah saya coba, dengan qTranslate dapat membuat artikel dengan dua bahasa atau lebih, semudah bekerja dengan hanya menggunakan satu bahasa. Untuk informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur dari plugin qTranslate silahkan kunjungi halaman dokumentasinya. Bagaimana dengan Anda?

ini link downloadnya disini